PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN BAGI WISATAWAN DI EKOWISATA SUNGAI MUDAL

Kunjungan wisatawan di musim liburan hari raya Idul Fitri Tahun 2022 meningkat pesat, salah satunya dikarenakan banyak pemudik dari luar  kota. Yang selama dua tahun oleh pemerintah dilarang mudik karena masa pandemi covid-19. Di liburan Idul Fitri tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik dengan pertimbangan capaian vaksinasi  masyarakat rata-rata  sudah mencapai target, bahkan sudah vaksin booster (ke-3), sehingga hanya memerlukan penerapan protokol kesehatan dengan baik dan benar sesuai dengan SOP protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Di destinasi wisata Ekowisata Sungai Mudal penerapan protokol kesehatan menjadi prioritas organisasi untuk mencegah pencegahan penyebaran virus Covid-19, dan mencegah terjadinya Klaster Covid-19 di Ekowisata Sungai Mudal.

Penerapan Protokol Kesehatan di Ekowisata Sungai Mudal antara lain :

  1. Mencuci tangan dengan sabun yang telah disiapkan di dekan pintu masuk;
  2. Mengkur suhu tubuh dengan thermogun yang telah disiapkan oleh petugas;
  3. Memakai Masker;
  4. Scane Barkode Peduli Lindungi;
  5. Pendataan Pengunjung di loket pendataan;
  6. Jaga jarak/  hindari  kerumunan masa;
  7. Penerapan sistem “BUKA – TUTUP”  untuk mencegah  penumpukan pengunjung.

Demikian penerapan Protokol Kesehatan yang dilaksanakan di Ekowisata Sungai Mudal, semoga wisatawan yang berkunjung di Ekowisata Sungai Mudal  menyadari dan faham terhadap penerapan Protokol Kesehatan yang ketat ini. Semuanya bertujuan untuk keselamatan, kesehatan wisatawan agar terhindar dari penyebaran Virus Covid-19, walaupun di Kabupaten Kulon Progo sudah dalam kategori PPKM Level 2.