MONITORING KAMTIB DI EKOWISATA SUNGAI MUDAL OLEH POLRES KULON PROGO

Suasana hari raya Idul Fitri di beberapa tempat wisata di Kalurahan Jatimulyo sejak hari pertama lebaran sudah menunjukan kunjungan wisatawan  lokal yang meningkat, namun untuk Ekowisata Sungai Mudal untuk hari pertama lebaran diliburkan  dengan pertimbangan bahwa anggota organisasi Ekowisata Sungai Mudal diberi kesempatan untuk bersilaturahmi / halal bihalan di keluarga/ sanak famili terdekat, dan kunjungan wisatawan diarahkan ke  tempat wisata terdekat.  Baru H+2 Ekowisata Sungai Mudal mulai buka Pukul 8.30 WIB.

Pada hari Selasa, Tanggal 03 Mei 2022 Polres Kulon Progo dan Polsek Girimulyo melaksanakan monitoring Keamanan dan Ketertiban di Ekowisata Sungai Mudal. Di kegiatan monitoring ini dari Tim Polres Kulon Progo menyampaikan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini  organisasi Ekowisata harus menerapkan Protokol Kesehatan sesuai dengan prosedur/ aturan yangtelah ditetapkan pemerintah, dan selama ini sudah dilaksanakan secara tertip di Ekowisata Sungai Mudal. Dan Ekowisata Sungai Mudal sudah memiliki Sertifikat CHSE sehingga penerapan Prokes harus mengacu pada poin-poin yang ada di penilaian CHSE di organisasi.

Selainitu  Tim dari Polres Kulon Progo  juga menyampaikan agar keamanan dan ketertiban di tempat wisata harus selalu terjaga antara lain :

  1. Keamanan sarana dan prasarana aset organisasi dan keamanan lingkungan, harus diadakan ronda dengan sistem terjadwal.
  2. Mencegah peredaran dan penggunaan Narkoba/Psikotropika/ Miras  di area dan lingkungan Ekowisata Sungai Mudal dengan memfungsikan Pokja Keamanan dan pemantauan Bhabinkamtibmas Kalurahan Jatimulyo, apabila terjadi hal-hal yang mencurigakan segera diadakantindakan yang terukur sesuai prosedur.
  3. Keamanan lalulintas bagi pengendara kendaraan umum baik sepeda motor atau mobil agar selalu terpantau, karena di Ekowisata Sungai Mudal terdapat 2 tempat parkir yaitu Gate 1dan Gate 2, sehingga di tiap-tiap titik harus ada petugas pemantau, agar tidak terjadi kecelakaan, terutama di posisi tanjakan menuju parkir atas (Gate 1).
  4. Setelah difahami dan dicermati bahwa tanjakan jalan dimaksud sangat curam, sempit dan licin apabila hujan turun, sehingga perlu penanganan permasalahan di posisi tanjakan jalan menuju tempat parkir atas tersebut karena sering terjadi kecelakaan bagi pengendara sepeda motor. Tetutama bahu jalan yang ditanami tanaman pakan ternak akan membuat jalan rabat beton menjadi berlumut dan licin.
  5. Sebagai alternatif pemecahan masalah di posisi tanjakan dimaksud adalah : (1) Pengaspalan Jalan posisi tanjakan, (2) corblok bahu jalan dan bahu jalan sebaiknya tidak ditanami pakan ternak.
  6. Di hari Selasa, 03 Mei 2022 kunjungan wisatawan di ESM cukup banyak, sehingga Tim dari Polres Kulon Progo menyarankan agar peraturan yang telah ditetapkan di bidang kepariwisataan agar dilaksanakan yang sebaik-baiknya dengan tepat dan terukur.

Segenap pengelola Ekowisata Sungai Mudal mengucapkan terima kasih atas kegiatan Monitoring Keamanan dan Ketertiban dari Polres Kulon Progo dan pemantauan Kamtibmas secara rutin oleh Polsek Girimulyo. Sehingga dengan kegiatan monitoring semacam ini bisa dilaksanakan secara rutin oleh pihak-pihak yang terkait dengan organisasi Ekowisata Sungai Mudal.